Kebijakan Glasnost dari Gorbachev

Perhatikan pernyataan berikut ini !

  1. Rakyat memiliki hak milik atas suatu barang dan perusahaan swasta
  2. Restrukturisasi dalam negara.
  3. Rakyat dapat menyuarakan pendapat di media massa
  4. Rakyat diberi pilihan secara bebas agar menentukan orang yang tepat menjadi wakilnya sebagai penyambung suaranya di kursi parlemen.

Dari pernyataan diatas, yang menjadi terkait dengan Glassnost yang merupakan salah satu kebijakan yang diperkenalkan Gorbachev terdapat nomor….

A. 1) dan 2)

B. 2) dan 4)

C. 1) dan 3)

D. 2) dan 3)

E. 3) dan 4)

Pembahasan:

Dalam rangka memperbaiki kondisi Uni Soviet, Mikhail Gorbachev melakukan berbagai kebijakan, salah satunya adalah Glasnost. Glasnost (keterbukaan), membuka dialog baik tentang masalah politik, ekonomi maupun sosial. Glasnost membuka adanya kebebasan berpendapat diberbagai aspek kehidupan. Glasnost di Uni Soviet membiarkan rakyat memiliki hak milik atas suatu barang dan perusahaan swasta, membiarkan rakyat menyuarakan pendapat di media massa, membiarkan media menampilkan berita beragam yang dibutuhkan rakyat, dan membiarkan memasukkan unsur kebebasan agama dalam kehidupannya.

Materi mengenai sejarah terbentuknya Uni Soviet hingga runtuhnya Uni Soviet bisa disimak pada video berikut ini:

Kunci jawaban:

Dari pernyataan diatas, yang menjadi terkait dengan Glassnost yang merupakan salah satu kebijakan yang diperkenalkan Gorbachev terdapat nomor….E. 3) dan 4)