Tanggal penangkapan Kartosuwiryo

Operasi militer penumpasan DI/TII di jawa barat memerlukan waktu yang cukup lama. Hingga akhirnya pada … kartosuwiryo berhasil ditangkap di daerah gunung geber, majalaya.

A. 1 juni 1962

B. 2 juni 1962

C. 3 juni 1962

D. 4 juni 1962

E. 5 juni 1962

Pembahasan:

Kartosuwiryo

Sekarmadji Maridjan Kartosuwirjo merupakan proklamator berdirinya Negara Islam Indonesia (NII). Proklamasi dilakukan di Tasikmalaya pada tanggal 7 Agustus 1948. Pemerintah pusat menempur jalur diplomasi, akan tetapi gagal mengajak Kartosuwiryo untuk kembali ke pangkuan ibu pertiwi. Kemudian pemerintah melakukan operasi militer untuk menumpas pemberontakan DI/TII.

Operasi terpadu “Pagar Betis” digelar, di mana tentara pemerintah menyertakan juga masyarakat untuk mengepung tempat-tempat pasukan DI/ TII berada. Tujuan taktik ini adalah untuk mempersempit ruang gerak dan memotong arus perbekalan pasukan lawan. Selain itu diadakan pula operasi tempur dengan sasaran langsung basis-basis pasukan DI/TII. Melalui operasi ini pula Kartosuwiryo berhasil ditangkap pada tanggal 4 Juni 1962 di Gunung Geber, Majalaya oleh kesatuan-kesatuan Siliwangi

Kunci jawaban:

Operasi militer penumpasan DI/TII di jawa barat memerlukan waktu yang cukup lama. Hingga akhirnya pada D. 4 juni 1962  kartosuwiryo berhasil ditangkap di daerah gunung geber, majalaya.

TERIMAKASIH