Tujuan Indische Partij

Tujuan Indische Partij yang berdiri tahun 1912 adalah… .

A. memajukan politik rakyat pribumi

B. menghimpun partai politik Indonesia

C. menyatukan semua golongan yang ada di Indonesia

D. mencapai kemajuan harmonis bagi bangsa dan negara

E. mencapai Indonesia merdeka

Pembahasan:

Indische Partij ( IP ) didirikan di Bandung pada tanggal 25 Desember 1912 oleh Tiga Serangkai, yakni Douwes Dekker (Setyabudi Danudirjo), dr. Cipto Mangunkusumo, dan Suwardi Suryaningrat (Ki Hajar Dewantara).

Organisasi ini mempunyai cita-cita untuk menyatukan semua golongan yang ada di Indonesia, baik golongan Indonesia asli maupun golongan Indo, Cina, Arab, dan sebagainya. Mereka akan dipadukan dalam kesatuan bangsa dengan semangat nasionalisme Indo-nesia. Cita-cita IP banyak disebarluaskan melalui surat kabar De Expres.

Jadi: Tujuan Indische Partij yang berdiri tahun 1912 adalah… . C. menyatukan semua golongan yang ada di Indonesia

Apakah yang dimaksud dengan trias van deventer?

Trias van Deventer merupakan pemikiran dari van Deventer untuk memperbaiki nasib bangsa Indonesia meliputi tiga bidang yakni pembangunan sarana irigasi, memberikan pendidikan bagi penduduk pribumi serta melakukan pemindahan penduduk dari pulau Jawa yang dianggap sudah terlalu padat. Trias van Deventer berhubungan erat dengan adanya politik balas budi atau politik etis . van Deventer mengungkapkan bahwa belanda berhutang budi/kehormatan kepada bangsa Indonesia, sehingga belanda harus membalas hutang budi tersebut dengan cara memperbaiki kehidupan penduduk pribumi Indonesia.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *