Soal OSN IPS sejarah 2015
|9. Urutan benda peninggalan jarnan Praaksara yang benar sesuai dengan urutan waktu tertua menuju ke waktu termuda adalah …
A. kapak perimbas-kapak lonjong-sarkofagus-nekara.
B. kapak lonjong-kapak genggam-moko-dolmen
C. kapak bahu-kubur batu-kapak perimbas-lingga dan yoni.
D. kapak genggam-kapak bahu-kapak perimbas-kapak lonjong.
(Materi bisa di baca DI SINI)
10. Masyarakat Praaksara dengan pola mata pencaharian Perundagian ditandai oleh karakter kehidupan sosial berikut ini:
A. Hidup berkelompok secara berpindah-pindah (nomaden) di padang rumput.
B. pembagian kerja tidak membedakan posisi seseorang dalam kelompoknya
C. Perkampungan dengan pola teratur dibawah pemimpin yang karismatik
D. meleburnya kelompok-kelompok masyarakat yang majemuk menjadi homogen
(Materi bisa di baca DI SINI)
11. Kegiatan membersihkan bangunan masjid kuno yang memiliki nilai sejarah di sekitar tempat tinggal merupakan cerminan sikap….
A. mandiri.
B. menghargai pahlawan.
C. bertanggung jawab.
D. disiplin.
12. Salah satu bukti adanya akulturasi antara budaya Indonesia dengan India sejak abad ke-4 Masehi adalah…
A.peninggalan Yupa di Tarumanagara yang memuat nama kudungga
B. menara masjid Banten berbentuk meru yang menjulang
C. menara masjid Kudus yang bercorak Hindu.
D. dasar konstruksi punden berundak candi Borobudur
(Materi bisa di baca DI SINI)
13. Pola teknologi kapak genggam dibawa ke Indonesia oleh gelombang migrasi nenek moyang yang disebut …
A. Vedda.
B. Rig Vedda.
C. Proto-Melayu.
D. Deutero-Melayu.
14. Berikut ini adalah suku-suku bangsa Indonesia yang berasal dari gelombang imigrasi Proto-Melayu:
A. Dayak, Nias, dan Toraja.
B. Sasak, Bali, dan Madura.
C. Jawa, Papua, dan Kubu.
D. Madura, Jawa dan Bali.
(Materi bisa di baca DI SINI)
15. Kerukunan bangsa adalah aspek yang harus dijunjung tinggi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, karena berdasarkan penelitian para ahli terhadap suku-suku bangsa di Indonesia yang memiliki perbedaan karakter lokal seperti bahasa dan dan dialek daerah, ternyata ditemukan bahwa keanekaragaman tersebut berasal dari rumpun bahasa yang sama yaitu….
A. Austro-Asia sublinguistik Melayu-Polinesia
B. Austronesia sublinguistik Melayu-Polinesia.
C. Melayu-Polinesia sublinguistik Austronesia.
D. Melayu -Austronesia sublinguistik Sumatra-Polinesia
16. Setelah masa interglasial, ras Vedda di Indonesia hidup terisolasi di pedalaman terutama sebagian besar berada di ….
A. Papua Barat, Flores Barat, dan Jawa Barat.
B. Sumatra Barat, Timor Barat, dan Flores Barat
C. Papua Barat, Flores Barat, dan Sulawesi Selatan
D. Flores Barat, Maluku Barat, dan Seram Barat
17. Jalur migrasi orang-orang Proto-Melayu ke wilayah Nusantara melalui jalur barat yang terjadi sekitar tahun 11000 – 2000 SM, antara lain melewati wilayah berikut ini:
A. Semenanjung Malaysia dan Kalimantan.
B. Jepang dan Papua.
C, Thailand dan Sulawesi.
D. Indochina dan Sumatra.
18. Jalur migrasi orang-orang Deutero-Melayu sebelum masuk ke wilayah Nusantara melalui jalur barat sekitar tahun 300 – 200 SM, melalui negara berikut ini:
A. Teluk Tonkin di Vietnam.
B. Assam di Thailand Utara.
C. Oc Eo di Kamboja.
D. Borocay di Filipina.
(Materi bisa di baca DI SINI)
19. Masyarakat di perkotaan umumnya memiliki sifat individualis, sedangkan masyarakat di perdesaan masih memiliki sifat kekeluargaan dan gotong royong. Hal tersebut menunjukkan pengaruh….
A. wilayah terhadap aspek psikologis masyarakat
B. wilayah terhadap pola interaksi sosial masyarakat
C. modernisasi terhadap aspek psikologis masyarakat
D. pendidikan terhadap aspek sosial masyarakat.
20. Nasionalisme keindonesiaan pada masa pergerakan nasional dipicu oleh….
A. munculnya elite terdidik.
B. menguatnya peranan partai politik.
C. bertambahnya jumlah pengusaha pribumi
D. munculnya serikat-serikat buruh.
(Materi bisa di baca DI SINI)
21. Di antara tokoh-tokoh pergerakan nasional berikut yang tidak berlatar belakang pendidikan di negeri Belanda adalah …
A. Soekarno.
B. Moh. Hatta.
C. Sutan Sjahrir.
D. Tan Malaka..
(Materi bisa di baca DI SINI)
22. Organisasi pergerakan nasional yang berdiri pada tahun 1908 yang bertujuan memajukan budaya daerah dan sekaligus memajukan pendidikan dan anggotanya dari orang Jawa yaitu….
A. Boedi Oetomo.
B. Trikoro Dharmo.
C. Sarekat Islam.
D. Indische Partij
(Materi bisa di baca DI SINI)
23. Latar belakang pendirian organisasi Sarekat Dagang Islam (SDI) adalah….
A. dominasi orang Cina terhadap penduduk pribumi dari pengaruh Tiongkok
B. adanya persaingan dagang yang tidak sehat Cina di Pulau Jawa.
C.adanya pengaruh budaya asing yang masuk ke budaya lokal secara damai,
D.ingin memajukan organisasi pergerakan Islam menjelang kemerdekaan
(Materi bisa di baca DI SINI)