Pertentangan Negara-negara Eropa

teluk balkanSebelum Perang Dunia I berlangsung, di negara-negara Eropa terjadi pertentangan-pertentangan. Perang Dunia I melibatkan negara-negara Eropa. Oleh karena itu, ada yang berpendapat bahwa Perang Dunia I merupakan perang saudara antar bangsa Eropa. Pertentangan itu dikarenakan berbagai hal, antara lain mengenai daerah perbatasan, dan juga perebutan wilayah yang melibatkan negara di Eropa.

Pertentangan yang terjadi di antara negara-negara Eropa itu, antara lain sebagai berikut:

  1. Pertentangan Jerman dengan Prancis. Pertentangan Jerman dengan Prancis sudah berlangsung sejak lama. Terakhir, Prancis mendendam Jerman karena kekalahan perangnya pada tahun 1871. Akibat kejadian tersebut, timbullah keinginan Prancis untuk membalas kekalahan terhadap Jerman.
  2. Pertentangan Jerman dengan Inggris. Pertentangan Jerman dengan Inggris disebabkan persaingan dalam bidang industri, imperialisme modern, dan Angkatan Laut. Untuk melindungi industrinya, Inggris memberi tanda pada barang impor Jerman dengan tulisan “Made in Germany”. Hal ini dirasakan oleh Jerman sangat merugikan. Persoalan perebutan daerah untuk keperluan imperialisme modern yang terjadi di Afrika dan Timur jauh juga menambah pertikaian kedua negara tersebut.
  3. Pertentangan Jerman dengan Rusia. Pertentangan Jerman dengan Rusia disebabkan Jerman tidak mau lagi memberikan pinjaman uang untuk pembangunan industri Rusia. Akibatnya, Rusia memihak Prancis sebagai lawan utama Jerman. Jerman juga membantu Turki dalam pembangunan jalan kereta api di Bagdad, padahal Turki merupakan musuh besar Rusia sebab menghalangi Politik Air Hangat-nya ke Laut Tengah. Politik air hangat adalah politik mencari pelabuhan yang bebas salju saat terjadi musim dingin.
  4. Konflik di Balkan.Menjelang abad ke-19, kedudukan bangsa Turki sebagai penguasa wilayah Balkan makin mundur. Merosotnya kekuasaan Turki menyebabkan bangsa-bangsa di Balkan bangkit membebaskan diri dari kekuasaan Turki. Bangsa Yunani dibawah pimpinan Alexander Ispilanti mengangkat senjata demi kemerdekaan bangsanya dari kekuasaan Turki. Oleh karena itu, berdirilah negara Yunani yang merdeka pada tahun 1829. Bangsa Serbia ingin mendirikan negara Serbia Raya yang merupakan gabungan bangsa-bangsa Slavia di Balkan, sedangkan Kerajaan Austria ingin menggantikan kedudukan Turki di Balkan. Hal itu menyebabkan timbulnya pertentangan antara Austria dan negara-negara Balka, khususnya Serbia yang ingin membentuk Negara Serbia Raya.  Rusia juga ingin menguasai Balkan supaya memiliki daerah perairan Laut Tengah. Hal itu menyebabkan timbulnya pertentangan dengan Rusia, Austria, dan Turki. Jadi, persoalan di Balkan menjelang Perang Dunia I adalah sebagai berikut: (a) Kekuasaan Tukir makin merosot sehingga tidak mampu mempertahankan jajahannya di Balkan. (b) Negara Austria yang berbatasan dengan wilayah Balkan ingin menggantikan kekuasaan Turki di Balkan. (c) Rusia yang ingin mendapat pelabuhan di tepi Laut Tengah juga ingin menguasai Balkan. (d) Bekas daerah jajahan Turki di Balkan ingin mendirikan negara besar dibawah pimpinan bangsa Serbia yang tidak disetujui oleh sebagian negara Balkan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *